Cari ...

Validating credentials, please wait...
  • Layanan Pengaduan Bea Cukai Telukbayur harap hubungi no. 0811-6688-555

Home

Rush Handling

Rush Handling

RUSH HANDLING

Tanggal posting 05-09-2019

 

Rush handling atau pelayanan segera adalah fasilitas non fiskal yang diberikan oleh Menteri Keuangan terhadap importasi barang impor yang berkarakter khusus. Tujuan pemberian fasilitas pelayanan segera (rush handling) adalah untuk memperlancar arus barang impor dan dokumen impor.

Fasilitas pelayanan segera diberikan terhadap barang impor berupa :

  1. Organ tubuh manusia antara lain ginjal, kornea mata, atau darah.
  2. Jenazah dan abu jenazah.
  3. Barang yang dapat merusak lingkungan antara lain bahan yang mengandung radiasi.
  4. Binatang hidup.
  5. Tumbuhan hidup.
  6. Surat kabar dan majalah yang peka waktu.
  7. Dokumen (surat)
  8. Barang lain karena karakteristiknya perlu mendapat pelayanan segera (rush handling) setelah mendapat izin Kepala Kantor Pabean. Contohnya barang impor yang berupa emas batangan, perhiasan dan bunga potong.

 

  1. Dasar Hukum
  2. Undang-undang nomor 17 tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-undang nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan;
  3. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 148/PMK.04/2007 tanggal 22November 2007 tentang pengeluaran barang impor untuk dipakai dengan pelayanan segera(rush handling).

 

  1. Prosedur

Ketika akan melakukan importasi barang yang mendapat fasilitas rush handling, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh importir untuk menyelesaikan kewajiban pabean yaitu:

  1. Pemberitahuan pabean impor berupa PIBK ( Pemberitahuan Impor Barang Khusus) jika barang impornya berupa organ tubuh manusia atau jenazah dan abu jenazah. Pemberitahuan pabean impor berupa PIB (Pemberitahuan Impor Barang) jika barang impornya berupa barang yang dapat merusak lingkungan antara lain bahan yang mengandung radiasi, binatang hidup, tumbuhan hidup, surat kabar dan majalah yang peka waktu, dokumen (surat), barang lain karena karakteristiknya perlu mendapat pelayanan segera (rush handling) setelah mendapat izin Kepala Kantor Pabean.
  2. Dokumen pelengkap pabean adalah semua dokumen yang digunakan sebagai pelengkap pemberitahuan pabean, misalnya Invoice, Packing List, Bill of Lading/Airway Bill, Manifest dan dokumen lainnya yang dipersyaratkan. Dokumen lain yang dipersyaratkan misalnya Health Certificate, Surat Ijin dari instansi terkait sebagai pemenuhan ketentuan pembatasan importasinya, dan Certificate of Origine. Ketentuan larangan dan pembatasan impor dapat diakses oleh importir di website Indonesia National Single Window di insw.go.id.
  3. Jaminan dapat berupa jaminan untuk setiap kegiatan importasi atau untuk jangka waktu tertentu. Jaminan untuk setiap kegiatan importasi adalah jaminan yang digunakan untuk satu pemberitahuan impor. Sedangkan jaminan untuk jangka waktu tertentu adalah jaminan yang dipertaruhkan digunakan untuk menjamin beberapa kali importasi, ketika nilai jaminan tersebut habis, maka importir akan mempertaruhkan jaminan kembali. Jaminan yang biasa digunakan adalah jaminan tunai. Jaminan tunai adalah jaminan berupa uang tunai. Mekanisme Penyelesaian Impor Untuk Dipakai Dengan Pelayanan Segera (Rush Handling) Penyelesaian kewajiban pabean atas importasi yang menggunakan fasilitas rush handling diselesaikan di pelabuhan masuk barang.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com